Sudah menjadi kegiatan tahunan seluruh SMK mengadakan Ujian Sertifikasi Kompetensi (USK). Apalagi di era globalasisasi saat ini, seluruh SMK harus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan kompeten. Dalam hal ini, SMK haru mengukur kompetensi calon lulusan tidak hanya dengan ujian teori semata, tetapi perlu di adakan ujian praktik yang biasa disebut Uji Sertifikasi Kompetensi (USK). Persiapan Pra-USK juga telah disiapkan dengan matang yang membuat semua jurusan ikut sibuk. Semua ini bisa diibaratkan saat dimana siswa ditagih keahlian dan keterampilan terbaik mereka pada bidang masing-masing setelah tiga tahun belajar.

Seperti halnya yang dilakukan oleh SMKN 2 Sukorejo, Jurusan Teknik Las melaksanakan USK pada tanggal 9-11 MARET 2023. Peserta didik melaksanakan USK dengan tertib dan sesuai dengan prosedur yang berlaku seperti memakai baju praktek kerja, menggunakan alat sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya.

Pelaksanaan USK ini, diawali dengan ujian tulis terlebih dahulu selama 60 menit, setelah itu peserta didik melakukan ujian praktik. Tim asesor berasal dari luar sekolah SMK yaitu Bapak Iwan Purwawiana Yusman dan Ibu Bay Bay Baesih.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *