BKK atau Bursa Kerja Khusus merupakan unit pelayanan pemerintah yang memberikan pekerjaan pada setiap lulusan SMK agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan mereka. BKK hadir juga untuk mengurangi angka pengangguran dengan memanfaatkan usia produktif pada lulusan SMK terkhususnya.

Workshop Penguatan Kelembagaan Bursa Kerja Khusus (BKK) merupakan salah satu program SMK Pusat Keunggulan Skema Lanjutan Tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 2 November 2023 di Aula SMKN 2 Sukorejo. Peserta workshop adalah Ketua Program Keahlian, Kepala Bengkel, dan Bapak Ibu Guru Program Keahlian DKV, TITL, TL, KULINER, ASISTEN KEPERAWATAN dan TESHA.

Acara di mulai dengan sambutan dari Bapak Mohamad Supandri, S.Pd., M.T selaku Kepala Smkn 2 Sukorejo. Selanjutnya pemaparan materi dari dua 2 Narasumber yaitu

  1. Puspita Eka Sari,S.Pi Selaku instruktur BKK Nasional
  2. Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan

Tujuan diadakannya workshop ini untuk penguatan peran kelembagaan BKK guna menanggulangi angka pengangguran pada lulusan SMKN 2 Sukorejo utamanya. Dengan memberikan pelayanan informasi ketenagakerjaan kepada alumni dan pencari kerja, membina dan mengembangkan hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah atau swasta dalam pengadaan informasi ketenagakerjaan, melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan rekrutmen dan seleksi calon pekerja serta sebagai wadah yang menanamkan jiwa kewirausahaan bagi alumni melalui kegiatan pelatihan.

Harapan setelah diadakan Workshop ini, BKK dapat menjadi solusi efektif guna menanggulangi angka pengangguran pada lulusan SMK utamanya. Dengan melakukan penempatan tenaga kerja, memberikan informasi lowongan pekerjaan, serta memberikan pelatihan pekerjaan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *